Text
Aplikasi Karya Siswa Sebagai Media Promosi Digital Berbasis Mobile Dan Web (Studi Kasus SMK Pariwisata Islam Terpadu Nurul Imam)
Dalam rangka untuk merancang, mengimplementasikan, dan menguji aplikasi berbasis web dan mobile, penelitian ini berupaya memberikan solusi bagi siswa dalam mengelola karya mereka secara efisien serta memanfaatkannya sebagai media promosi bagi sekolah. Penggunaan strategi promosi memiliki peranan krusial dalam meningkatkan visibilitas institusi pendidikan dan menarik minat masyarakat. Salah satu instrumen yang efektif dalam hal ini adalah karya siswa. Sayangnya, SMK Pariwisata Islam Terpadu Nurul Imam belum memiliki wadah digital khusus untuk mengakomodasi koleksi karya siswa. Dalam penelitian ini, metode waterfall digunakan sebagai landasan metodologi, yang melibatkan serangkaian tahapan mulai dari analisis kebutuhan hingga pengujian akhir. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aplikasi yang dirancang memiliki tiga tingkat akses: Admin, Guru, dan Siswa. Teknologi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi meliputi Android Kotlin, React, Laravel, dan MariaDB. Dengan melibatkan sejumlah metode pengujian, termasuk pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian black box, dan pengujian User Acceptance Test (UAT). Pengujian unit dan integrasi diterapkan pada modul RESTful API, sedangkan pengujian black box berfokus pada aplikasi web dan mobile. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi karya siswa ini memiliki potensi menjadi sarana branding baru bagi SMK Pariwisata Islam Terpadu Nurul Imam, dan telah memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik. Dengan tingkat penerimaan sebesar 96,2%, sistem ini berhasil mencapai tingkat penerimaan yang tinggi dari pengguna.
Kata Kunci: Karya Siswa, Media Promosi Digital, Web, Mobile, RESTful API, Kotlin, React, Laravel, Android, MariaDB.
TI 230027 | TI 423 ALI a | My Library | Available |
No other version available