Text
Pembuatan Game "Dishipline" Untuk Anak SMK Berbasis Mobile Menggunakan Construct 2 (Studi Kasus SMK TI Pembangunan Cimahi)
Game merupakan permainan yang memanfaatkan media elektronik, dan merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam pembentukan karakter seseorang karena lewat pendidikan seorang individu akan belajar tentang akhlak, moral, norma, dan nilai-nilai di masyarakat. Sekarang ini kebanyakan siswa memiliki smartphone yang mana smartphone paling banyak digunakan oleh siswa sebagai sarana bermain dan hiburan, kurangnya penggunaan smartphone sebagai sarana edukasi dikarenakan kurangnya aplikasi edukatif yang interaktif yang dapat menarik minat si anak. Penelitian ini bertujuan untuk media pembelajaran interaktif terkait penaatan aturan sekolah berperspektif dua dimensi (2D). konsep atau metodologi penelitian yang digunakan disini adalah Game Development Life Cycle (GDLC) yang mana ini berisikan dari 6 langkah (initiation, Pre-production, Production, Testing, Beta version, Release). Asset yang digunakan dibuat melalui Adobe Illustrator lalu diaplikasikan menggunakan engine Construct? sesuai kebutuhan pengguna yang didapatkan dari hasil observasi yang penulis lakukan. Lalu setelah game berhasil dibuat dilakukannya testing awal menggunakan blakbox testing, dan dilakukan nya User Acceptance Test (UAT) berdasarkan 4 aspek (desain, fitur, kepuasan pengguna, dan animasi) pengujian ini dilakukan kepada 15 responses siswa SMK TI Pembangunan Cimahi. Dan mendapat hasil yang memuaskan yakni hasil nilai akhir rata-rata 89%, yang berarti aplikasi dapat
diterima dengan baik.
Kata Kunci: Game, Game edukatif, Costruct2, Adobe Illustrator, DiShipLine, SMK TI Pembangunan
TI 230048 | TI 423 RIC p | My Library | Available |
No other version available