Text
Pembuatan Game Edukasi Dalam Sejarah Manusia Purba Menggunakan Aplikasi Construct 2 (Studi Kasus SMK TI Pembangunan Cimahi)
Sejarah di kelas X SMK TI Pembangunan lebih berfokus pada siswa dan siswa lebih aktif dalam materi pembelajaran, sebagian besar informasi yang diperoleh para siswa masih berasal dari internet dan buku. Hal ini belum cukup untuk menggambarkan kehidupan manusia purba di Indonesia dalam media pembelajaran mereka. Adapun solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan Construct 2 sebagai media pembelajaran dalam pembuatan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi media pembelajaran interaktif terkait pelajaran sejarah manusia purba berperspektif dua dimensi (2D). Penelitian ini mengaplikasikan metode Game Development Life Cycle (GDLC) melalui tahapan Initiation, Pre-Production, Testing, Beta, dan Release. Aplikasi ini dibangun menggunakan Adobe Illustrator CC dan Construct 2. Perancangan didasarkan pada observasi dan pengujian blackbox yang sesuai dengan skenario pengujian. Uji User Acceptance Testing (UAT) dilakukan melibatkan 15 responden dengan parameter desain, fitur, dan kepuasan pengguna, menghasilkan nilai presentase 78% dengan rata-rata 3.9. Temuan ini menggambarkan bahwa aplikasi ini mampu diterima dengan positif oleh pengguna, menawarkan alternatif pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam memahami Sejarah manusia purba.
Kata Kunci: GDLC, Construct 2, Adobe Illustrator CC. Sejarah manusia purba, Game, UAT.
TI 230047 | TI 423 IBR p | My Library | Available |
No other version available