Text
Sistem Informasi Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Pelayanan Bimbingan Konseling Berbasis Web (Studi Kasus SMA Negeri 6 Cimahi)
Pelaksanaan aktivitas BK di SMA Negeri 6 Cimahi saat ini masih dilakukan secara manual, khususnya dalam administrasi layanannya. Proses ini mencakup pengolahan data siswa, pencatatan kehadiran pada saat bimbingan konseling, pelaksanaan pengisian AKPD, dan keterbatasan waktu pada layanan bimbingan klasikal. Pencatatan kehadiran pada saat bimbingan konseling masih ditulis dalam buku catatan, sehingga data mudah hilang dan rusak. Pelaksanaan pengisian AKPD masih menggunakan kertas dan jawaban AKPD perlu dimasukkan satu per satu ke dalam Microsoft Excel, sehingga dapat menghabiskan waktu dan kesalahan dalam memasukkan data dapat terjadi. Layanan bimbingan klasikal di SMA Negeri 6 Cimahi dilakukan sekali dalam seminggu, dengan waktu terbatas sekitar 45 menit. Keterbatasan waktu tersebut menyebabkan materi dan informasi yang disampaikan tidak menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi yang dapat membantu dalam pengelolaan administrasi layanan bimbingan konseling. menggunakan metodologi Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Hasil uji Black Box menunjukkan bahwa fitur sistem telah berjalan sesuai yang diharapkan. Pengujian User Acceptance Testing (UAT) diperoleh hasil 96.21% menunjukkan bahwa sistem informasi telah sesuai dengan perancangan dan kebutuhan pengguna sehingga dapat meningkatkan pelayanan bimbingan konseling pada proses pengelolaan administrasi seperti data siswa, pencatatan kehadiran kunjungan ke ruang BK, pelaksanaan pengisian AKPD, dan penyampaian materi serta informasi.
Kata kunci: Bimbingan Konseling, SDLC, Black Box Testing, User Acceptance Testing.
TI 230046 | TI 423 RIS s | My Library | Available |
No other version available