Text
Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Dan Ekosistem Berbasis Augmented Reality (AR) Paud Al-Hidayah
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam membentuk dasar pengetahuan dan pemahaman anak-anak terhadap dunia sekitarnya, termasuk pengenalan hewan. Di PAUD Al-Hidayah, materi pengenalan hewan saat ini hanya menggunakan kartu gambar, nyanyian, dan cerita, dilakukan empat kali seminggu. Namun, terdapat kekurangan dalam metode ini, yaitu hanya mengenalkan hewan berdasarkan awalan huruf abjad dan belum memperkenalkan jenis makanan dan ekosistem hewan. Hasil pengamatan menunjukkan tingkat keberhasilan pengenalan hewan oleh siswa hanya sebesar 55% dengan metode yang biasa dilakukan. Dalam upaya untuk meningkatkan metode pengenalan hewan, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi media pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dengan fokus pada pengenalan jenis hewan berdasarkan makanan dan ekosistemnya. Pada penelitian ini, peneliti memilih metode Multimedia Development Lyfe Cycle (MDLC) karena metode ini cocok untuk merancang dan mengembangkan aplikasi multimedia. Penelitian ini dilakukan di PAUD Al-Hidayah. Pembuatan aplikasi media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan software utama Unity 3D. Berdasarkan hasil kuisioner yang diisi oleh siswa/i dan guru dapat dikatakan bahwa media pembelajaran pengenalan hewan berdasarkan jenis makanan dan ekosistem yang berisi video materi dilengkapi dengan audio, menampilkan objek hewan 3D dengan marker, lalu berisi quiz yang dibuat dengan menarik. Hasil yang diperoleh dari User Acceptance Test (UAT) mendapatkan hasil dengan persentase 96,7% Dengan hasil positif tersebut diharapkan penggunaan AR terhadap pembelajaraan siswa/i PAUD Al-Hidayah dapat memahami pembelajaran yang lebih interaktif.
Kata Kunci: PAUD, Hewan, Media Pembelajaran, Jenis makanan, Augmented Reality Unity, MDLC.
TI 230054 | TI 423 CIC m | My Library | Available |
No other version available