Text
Sistem Pendaftaran Pasien Berbasis Web Di Rumah Sakit Umum Daerah LM Baharuddin
Pendaftaran merupakan salah satu bagian dari kegiatan administrasi yang memberikan layanan yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis di Rumah Sakit Umum LM Baharuddin, diperoleh bahwa pendaftaran pasien di Rumah Sakit LM Baharuddin masih menggunakan metode manual dalam pengelolaannya yaitu pasien datang ke rumah sakit untuk mengambil nomor antrian. Pencatatan data pendaftaranpun masih menggunakan metode pembukuan dan menggunakan Microsoft word serta Microsoft excel yang menyebabkan proses menjadi lambat serta tidak efisien, dan data yang dihasilkan bisa berpotensi rusak dan hilang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pendaftaran Pasien berbasis web yang dapat membantu dalam pengelolaan data pendaftaran. Perancangan sistem ini menggunakan metode waterfall yang terdiri dari beberapa tahap yaitu Analisis Kebutuhan, Perancangan Sistem, Implementasi, Pengujian, dan pemeliharaan. Hasil pengujian blackbox menunjukan bahwa fitur sistem telah berjalan sesuai yang diharapkan. Pengujian User Acceptance Testing (UAT) diperoleh hasil 91,66% menunjukan bahwa sistem telah sesuai dengan perancangan dan kebutuhan pengguna sehingga dapat meningkatkan pelayanan pendaftaran dan pengelolaan data pendaftaran seperti pendaftaran online, antrian online, input nomor rekam medis secara online, mengecek riwayat pasien, dan pemberian resep obat online yang memudahkan agar pasien tidak perlu menunggu di rumah sakit untuk mendapatkan nomor antrian.
Kata kunci: Pendaftaran Pasien, Waterfall, Black Box Testing, User Acceptance Test.
TI 230061 | TI 423 CHA s | My Library | Available |
No other version available