Text
Game Edukasi Lapisan Bumi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia (Studi Kasus SMP Negeri 1 Batujajar)
SMP Negeri 1 Batujajar pada saat ini dalam kegiatan belajar mengajarnya masih menggunakan media pembelajaran sistem konvensional. Proses pembelajaran yang kreatif, menuntut seorang pendidik untuk bisa berinovasi dalam setiap proses pembelajaran. Inovasi yang baru bisa membuat proses belajar mengajar dalam kelas bisa menjadi lebih menarik, menyenangkan serta bisa meningkatkan minat dari peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas, dengan tujuan untuk membantu guru IPA dalam menyampaikan materi kepada para murid yang diringkas dari buku paket dan manfaat dari media game edukasi ini adalah sebagai pembaharuan dalam metode pembelajaran, peulis menggunakan Metodologi Multimedia Development Life Cyle (MDLC) yang terdiri dari 6 (Enam) tahap (concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution). Asset yang digunakan dibuat melalui Adobe Illustrator lalu diaplikasikan menggunakan engine Construct 2. Lalu setelah game berhasil dibuat dilakukannya testing awal menggunakan blakbox testing, dan dilakukan nya User Acceptance Test (UAT) pengujian ini dilakukan kepada 15 responses siswa/i Smp Negeri 1 Batujajar. Dan mendapat hasil yang memuaskan yakni rata-rata Hasil nilai akhir rata-rata 86%, yang berarti aplikasi dapat diterima dengan baik.
Kata Kunci: Game, Game Edukasi, Lapisan Bumi, MDLC, Multimedia, Construct 2
TI 230086 | TI 423 MUH g | My Library | Available |
No other version available