Text
Aplikasi Caregiver Berbasis Mobile (Studi Kasus: Yayasan Bringin)
Lanjut usia seseorang yang telah memasuki usia 60 (enam puluh). lanjut usia mengalami berbagai perubahan baik secara fisik, mental maupun sosial. Dibutuhkan perawatan jangka panjang (PJP) bagi lansia untuk mempertahankan tingkat kemandirian, mengurangi ketergantungan, dan mencegah komplikasi penyakit. Hal tersebut dibutuhkan dukungan keluarga atau seseorang yang merawat, pengasuh atau orang yang merawat lansia. Dari permasalahan diatas maka dibuatlah aplikasi caregiver berbasis Mobile yang dapat memudahkan pengguna jasa dalam pemesanan pengasuh dan mengefektifkan waktu. Metode yang digunakan penulis dalam melakukan kajian tugas akhir ini yaitu dengan menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle) dengan model Waterfall. Waterfall yang terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu requirement analysis, design, implementation dan testing. Sistem ini dibangun menggunakan framework flutter menggunakan library css dan php versi 7.2 dan database MySQL. Untuk mengatasi permasalah tersebut, maka diperlukan media pemesanan yang dapat memudahkan klien dalam pemesanan, mengepektifkan waktu dan mempermudah pelamar dalam mengirimkan lamaran dengan media aplikasi caregiver berbasis Mobile. Hasil pengujian Black Box testing pada 3 hak akses yaitu, User, pelamar dan admin. Fungsi setiap menu telah sesuai dan dapat digunakan hasil uji Black Box telah mengindikasikan bahwa fitur dalam sistem telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) menunjukkan nilai rata- rata sebesar sebesar 88,61%, nilai tersebut diperoleh dari nilai rata-rata desain (88.42%), Fitur (89.82%), dan Kepuasan (90.88%).
Kata Kunci: Android Studio, Caregiver, Homecare, Babysitter, Flutter, SDLC
TI 230078 | TI 423 LUT a | My Library | Available |
No other version available