Text
Tinjauan Kepuasan Pasien BPJS Di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Guna Menunjang Mutu Pelayanan RSAU Lanud Sulaiman Bandung
Kepuasan pasien dapat mempengaruhi mutu suatu Rumah Sakit Kepuasan pasien merupakan tanggapan pelanggan terhadap kesesuaian tingkat kepentingan atau harapan pelanggan sebelum mereka menerima jasa pelayanan dengan sesudah pelayanan yang mereka terima Berdasarkan studi pendahuluan pelayanan di bagian pendaftaran rawat jalan RSAU Lanud Sulaiman Bandung, menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien sebesar 81.39% sedangkan tidak puas 18.61%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS pada pelayanan pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit TNI AU Lanud Sulaiman Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasional dengan pendekatan deksriptif kuantitatif. Populusi penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS Rawat Jalan pada tahun 2023 sebanyak 625. Sampel diambil menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan sebesar 1% dengan hasil sebanyak 86 sampel Teknik pengumpulan data diambil menggunakan 3 cara yaitu: observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pendaftaran di bagian pelayanan pendaftaran rawat jalan RSAU Lanud Sulaiman Bandung sebesar 76.69% dengan kualifikasi sudah baik namun belum optimal. Dalam hal tersebut dapat diketahui bahwa hasil terendah ada pada dimensi Empathy dari hasil dimensi lainnya dengan persentase 75.21%. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kepuasan peserta BPJS yang rendah pada waktu tunggu dan penerapan petugas dalam 3 S (Senyum, Sapa dan Salam). Penulis menyarankan adanya sosialisasi penerapan alur pendaftaran sesuai dengan SOP yang berlaku, serta meningkatkan penerapan 3 S dan diadakannya survey kepuasan di pelayanan pendaftaran rawat jalan 3 bulan sekali.
Kata Kunci: Kepuasan, Pasien, BPJS, Pelayanan, Pendaftaran
RM 230029 | RM 323 NEN t | My Library | Available |
No other version available